09 April 2011

Cinta itu Memiliki Tanggal Kadaluarsa

Seseorang dalam masa pacaran akan memperlihatkan cuplikan-cuplikan film terbaiknya, setelah menikah barulah ia menunjukkan film dirinya secara utuh. Cinta adalah sesuatu yang tumbuhnya paling lama tetapi cinta mampu terbunuh dan terkikis dalam waktu maha singkat. Cara memilih calon suami atau calon istri yang baik adalah pilihlah orang yang membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Lebih rajin bekerja, lebih mencintai keluarga, lebih pemurah, lebih bijaksana, dan pilihlah orang yang mau menerima Anda ada adanya; dengan segala kekurangan dan kelebihan Anda.

Masalah dalam rumah tangga umumnya adalah masalah kekurangan uang, masalah pembagian tugas, dan hal-hal sepele lainnya mampu mengikis cinta yang tadinya besar dalam sebuah pernikahan. Beruntung jika Anda menemukan pasangan yang berjiwa besar, artinya orang yang berjiwa besar mengganggap masalah besar itu kecil sedangkan masalah kecil ia anggap tidak ada. Kebalikannya orang yang berjiwa kerdil , selalu membesar-besarkan masalah sepele menjadi sesuatu yang besar.

Hal yang menjadi pengikat antara suami – isti adalah anak. Bukan ijab kabul yang terucap saat akad nikah, bukan cincin, bukan kebesaran cinta. “Saya rela melakukan hal apapun (asal halal) demi kebaikan anak, itu yang sering terucap dibibir para orang tua. Sekedar cinta tak akan sanggup mengatasi rumah tangga.

Untuk mengekspresikan cinta perlu uang. Membeli kebutuhan pokok perlu uang, biaya sekolah anak perlu uang, dan sebagainya. Uang bukanlah sumber kejahatan jika digunakan dengan cara yang bijak. Hal terbesar yang menyebabkan retaknya sebuah rumah tangga adalah masalah kekurangan uang yang tidak pernah teratasi, perasaan tidak dihormati, komunikasi yang tidak berjalan baik, dan perasaan mau menang sendiri dari salah satu pasangan. Keharmonisan sebuah rumah tangga itu perlu diusahakan oleh kedua belah pihak buka cuma sepihak saja, bukankan perlu dua buah tangan untuk menghasilkan sebuah tepuk tangan?

Jika masalah kekurangan uang berlarut-larut, seharusnya dicari solusi dengan membuat bisnis sampingan. Lakukanlah sesuatu yang menjadi spesialis Anda berdua. Misalnya membuka usaha catering, menjadi penulis lepas, dan sebagainya. Perbesar pendapatan Anda, menekan kebutuhan dasar Anda hanya akan membuat kualitas hidup Anda menurun.

Cinta itu memiliki tanggal kadaluarsa, omong kosong jika ada yang bilang bahwa cinta itu abadi. Kebadian hanya milik Tuhan, bukan milik cinta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar