02 Desember 2012

4 Kunci Pengeluaran Bijak

Mengapa kita mengeluarkan uang? Terkadang karena kita membutuhkan sesuatu, tetapi seringkali kita mengeluarkan uang karena kita menginginkan sesuatu.
Jean Chatzky

{Wajib}   {Penting}  {Bagus} {Tidak Berguna}
Setiap kali Anda membelanjakan uang, cantumkanlah pengeluaran tersebut pada salah satu kolom di atas. Wajib adalah pengeluaran uang atas kebutuhan. Misalnya : membayar rekening tagihan, membeli beras, ke dokter. Penjelasannya kebutuhan adalah sesuatu yang menggangu hidup Anda jika diabaikan.


Penting adalah membelanjakan kebutuhan yang meningkatkan kualitas hidup ANda. Misalnya: membeli buku, dispenser, vakum clener, dll. Bagus adalah sesuatu yang mampu membuat Anda rileks. Misalnya : makan di restoran, pergi ke bioskop sebulan sekali. 

Dan tidak berguna adalah membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak menambah nilai atau hidupmu dalam cara positif apapun. Misalnya: kecuali nama Anda Jorge Lorenzo, memodifikasi motor Anda menjadi mesin 1000 cc sudah pasti menambah nilai positif, bagi Anda memperindah motor adalah tidak menguntungkan, boros bensin dan hanya merugikan. 

Kutipan Azizi Ali, Perencana Keuangan No. 1 di Malaysia, Catatan Sang Miliarder (dengan beberapa perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar