26 Maret 2014

Bill Gates : Pendidikan adalah Warisan Terbaik Bukan Harta


Pagi ini saya membaca  koran online http://bisnis.com, takjub dengan pemikiran Bill Gates. Orang terkaya di muka bumi itu tidak akan mewariskan US$ 76 milyar untuk ketiga anaknya.  

Harta kekayaannya yang US$ 76 miliar tidak akan diwariskan untuk ketiga anaknya, tetapi harta itu akan digunakan untuk amal seperti pengentasan kemiskinan dan perbaikan kesehatan masyarakat di dunia.
Pasangan itu mengatakan anaknya akan didorong untuk bekerja dan menghasilkan uang dengan cara (mereka) sendiri di dunia tanpa bantuan miliaran dolar dari  warisan orang tua. Gates mengatakan anaknya telah mendapatkan pendidikan yang bagus, maka mereka dapat belajar bagaimana mengandalkan kemampuan daripada menanti warisan orang tuanya.

Gates bilang :" Mereka harus memiliki rasa bangga dan mengganggap pekerjaan mereka sendiri penting dan berarti.""Kami ingin keseimbangan sehingga mereka memiliki kebebasan untuk melakukan apapun, tapi tidak semacam banyak uang menghujani mereka sehingga mereka bisa pergi keluar dan melakukan apapun," kata Gates.

Saya punya cerita unik. Tetangga saya ayahnya adalah orang terkaya di kampung (B********). Tanah beliau sejauh mata memandang. Sayangnya anak-anak orang kaya tersebut tak dibekali dengan pendidikan yang baik seperti ketiga anak-anak Bill Gates. Ketika ayah  mereka yang kaya raya itu meninggal dunia, dibagiratalah  harta warisan tersebut, berupa rumah, tanah, kolam, dan sebagainya. Dengan harta benda tersebut almarhum ayah mereka mengharapkan hidup anak-anaknya “aman”  tidak sengsara. 

Tebak apa yang terjadi setelah 10 tahun ayahnya meninggal dunia? Ya betul. Satu persatu harta peninggalan ayah mereka dijual, sehingga tak ada  lagi yang tersisa. 

Saya setuju dengan Bill Gates, harta kekayaan warisan orang tua yang berlimpah itu melenakan, membuat malas penerimanya, bekali saja anak-anak dengan pendidikan yang baik. Biarkan mereka berjuang menjalani hidup.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar