29 Desember 2014

Buktikan Eksistensi Sosialmu!


Kedai Pak Ewok, siang itu 27/12/14 dipenuhi teman-teman dari berbagai komunitas. Di antaranya Komunitas Merah Putih, Komunitas Dialogue, Komunitas Terminal Hujan, dan lain-lain. Untuk memulai aksi sosial kita tak membutuhkan uang banyak, terdapat 4 indikator untuk menampilkan aksi sosialmu menjadi nyata, yaitu :

  1. Berdaya, kita melakukan sharing ilmu pengetahuan yang kita punya. Misalnya : mengajar di sekolah alam komunitas @terminalhujan.
  2. Programnya jalan, aksi tersebut harus berkelanjutan bukan sekedar hangat-hangat tahi ayam.
  3. Komunitas tersebut melibatkan banyak pastisipan, dan programnya diminati oleh peserta karena sederhana, menyenangkan, dan bermanfaat.
  4. Inovasi, membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain, sabda Nabi Muhammad saw. Bercerminlah kepada filosofi pohon kelapa : ia berbuah sepanjang tahun, buah, batok, sabut, daun, batang, seluruh bagian pohon kelapa berguna. Pesan yang ingin saya sampaikan adalah di mana pun kita berada, cobalah untuk menebar manfaat bagi orang lain di sekitar tempat tinggal kita. 


Inilah kiat-kiat mempertajam jiwa kewiraushaan sosial, yaitu :
  1. Peka lingkungan, lakukan observasi pejalan kaki. Amati apa yang mereka butuhkan dari kita (pekerja sosial). Catat apa yang mereka butuhkan, dan apa yang bisa kita lakukan untuk mereka.
  2. Berpikir dengan cara yang berbeda, jika ingin mengembangkan sekolah alam di komunitas @terminalhujan, pikirkan pelajaran apa yang menarik bagi anak-anak? Apakah metode yang sesuai bagi mereka? Program tersebut harus berbeda dengan pelajaran di sekolah agar terhindar dari kata membosankan.
  3. Networking, kembangkan networking Anda, hubungi semua teman, dan kenalan yang bersedia melibatkan diri, artinya mereka bersedia menyingkan lengan baju dan mengotori tangan mereka, namun memperoleh pengalaman nyata dalam menjalaninya.
  4. Selalu berpikir positif, berbaik sangka kepada Allah. Luruskan niat, maksimalkan ikhtiar, meskipun berkali-kali Anda kalah tetapi tidak menyerah. Anda tidak pernah tahu dari perjuangan yang mana akan muncul hasil terbaik.
  5. Memfokuskan kepada Kecerdasan Inti Kita, fokus pada kemampuan terbaik kita, dan menularkannya kepada anggota komunitas yang lainnya. 

Sedangkan untuk menjual ide bisnis social adalah lakukan dua hal ini, yaitu:
  1. pasarkan diri Anda
  2. kembangkan networking
Mark Zukerberg bilang, “Why don’t you just concentrate on the best what you can do? (Sosial Media, Facebook). Ayo kita bangun kepedulian kita, apa pun kondisi kita sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar