25 Januari 2015

Queency Belajar Monopoli

Gambar 1. Monopoli
Usai salat Jumat (23/01/15) kaki saya mampir ke warung dekat mesjid untuk sekedar membeli cemilan. Saya malah tergoda melihat-lihat dan akhirnya membeli  “monopoli abal-abal”. Murah kok harganya hanya  1.000 rupiah.
Queency, anak perempuan kecil saya suka dengan mainan monopoli ini, untuk lebih membesarkan hatinya saya belikan di toko mainan monopoli sesungguhnya. Tidak terlalu mahal, hanya 20 ribu. Queency memeluk ketika monopoli ini saya berikan ke tangannya. Terima kasih ya Pi,”ujar Quency gembira.

Robert Kiyosaki menyarankan agar anak-anak diajarkan berinvestasi lewat permainan monopoli. Saran Robert benar, dalam  sekejap Queency sudah pandai menghitung uang, berinvestasi, dan menang tiga kali ketika main monopoli dengan saya. Sebelum bermain saya ajarkan kepada Queency. “Kalau mau menang, Quency harus belanjakan uangnya untuk membeli tanah, stasiun, perusahaan air, PLN, bangun rumah dan hotel. Nanti kalau papi atau pemain lain mampir di tempat Queency, mereka harus bayar tiket.” Saya menjadi pemenang ketika dikalahkan Quency, seperti pesan iklan biskuat  macan sariawan.
Dari kurikulum tahun 2004 s/d 2013 murid-murid diarahkan menjadi karyawan. Meskipun ada pembahasan tentang wirausaha hanya kulit ari saja. Sekedar kognitif, asal tahu saja tapi minim praktik. Sangat berbeda jauh dengan permainan monopoli yang bermain sambil mengajarkan anak berinvestasi.

Ketika saya browsing di Mbah Google, say temukan Giring Nidji adalah salah satu contoh artis yang sadar investasi. Bersama istrinya Cyntia ia merencanakan berinvestasi atas saran Ligwina Harnanto dan membangun bisnis agar bisa pensiun sebelum berusia 40 tahun.

Giring memperoleh pengetahuan dan informasi  detail tentang investasi. Berdasarkan saran Ligwina Harnanto. Giring mengalokasikan uangnya ke berbagai instrument investasi,  misalnya : reksa dana, saham, emas, dan property. Primadona investasi sepanjang masa adalah property karena harga tanah tidak pernah turun. Pertanyaan saya sudahkan anak Anda belajar bermain monopoli? Ini cara asyik mengenalkan mereka tentang investasi. Selamat bermain dan bersenang-senang.

Sumber gambar :
http://tokopedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar