01 Februari 2015

Tips Menumbuhkan Jiwa-Jiwa Kreatif dalam Diri Anak

Tips menumbuhkan kreatifitas dalam diri anak adalah sebagai berikut :
  1. Menghormati hak anak untuk menginisiatifkan cara belajar yang pas untuk dirinya. Sebelum kita mengatakan “jangan” katakan  “silahkan” dulu, baru kemudian kita beri pengarahan.
  2. Menghormati hak anak untuk ingin tahu dan mengalami. Sejauh tidak membahayakan, baik bagi dirinya maupun orang lain, terkadang kita perlu memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengalami pengalaman (experiencing).
  3. Menghormati hak anak untuk menolak/menerima berbagai masukan setelah mempertimbangkannya. Terkadang kita harus siap dengan pilihan anak. Sejauh pilihan itu sudah kita jelaskan , dan dia memilih apa yang bukan kita pilih, saatnya kita menghormati pilihannya, kecuali untuk hal-hal yang sangat prinsipil.
  4. Mendorong anak untuk merasa lebih tertantang dalam menghadapi masalah. Yang paling berharga dalam proses ini bukan hasil, melainkan prosesnya itu. Jika si anak ternyata berhasil memecahkan masalah yang dihadapinya dengan caranya sendiri, itu telah menyumbangkan konsep diri positif yang luar biasa.
  5. Memberikan kesempatan anak untuk berkreasi. Ini bisa dilakukan juga dengan cara memberikan rangsangan, motivasi, atau kesempatan.
(Sumber : Human Development, James V  Zander, 1989)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar