18 Oktober 2017

Penulis Bayangan, Bayangannya Gimana Sih?


Ghoshwriter atau penulis bayangan adalah seorang penulis profesional yang dibayar untuk menuliskan sebuah buku, artikel, cerita, laporan, e-book, atau dengan bentuk lain yang dipublikasikan dengan nama klien yang memesannya. Ustad, selebriti, pemimpin partai, sering menggunakan jasa ghoswriter untuk mengedit otobiografi, artikel majalah, konten website, dll.

Pada umumnya nama ghoswriter tidak tampil di kaver buku, atau nama mereka diletakkan pada urutan kedua, ada pula yang hanya diucapkan dalam kata pengantar sebagai kontributor, asisten, periset. Ghoshwriter berbeda dengan co-writer (penulis pendamping). Co-writer bertugas membantu penulis dalam penulisan gagasannya menjadi lebih baik. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa telah menikmati hasil karya ghoshwriter, sebut saja Increase Your Financial IQ, karya Robert Kiyosaki, PT Gramedia, 2009. Buku ini adalah hasil kolaborasi antara orang yang memiliki banyak gagasan, opini, kaya pengalaman dalam hal bisnis, yaitu Robert Kiyosaki dengan para ghoswriternya.

  
Lihat juga pemilik nama besar lainnya yang bukunya rajin mejeng di rak bestseller, Jhon C Maxwell, beliau juga memanfaatkan jasa ghoshwriter karena Jhon singa podium, namun lemah dalam hal tulis menulis. Praktik ini legal, asalkan gagasan yang tertuang dalam sebuah buku benar-benar gagasan narasumber yang namanya tertulis di sampul buku. Ghoshwriter bisa merambah ke penciptaan lagu. Melly Goeslaw misalnya mengaku tidak suka membaca buku, tidak tahu not balok, namun setiap kali ia menciptakan lagu ia dibantu oleh ayah mertuanya, Benny Hoed, pakar linguistik.

"Saya belajar banyak dari beliau. Saat itu saya ingin membuat lagu tentang perselingkuhan, lalu saya menghubungi dia untuk meminta bahasa yang komersil dengan rangkaian bahasa yang baik. Karena dia adalah guru bahasa terbaik bagi saya, dalam sebuah wawancara yang saya kutip di metrotv, 19 Nov 2015.

Semangat pagi, selamat merayakan hari ini dengan bersyukur.

2 komentar:

  1. pengen deh jadi ghost writer tapi ga tau darimana mulainya hahaha

    BalasHapus
  2. Hallo Teh Veny, terima kasih sudah mampir di blogku.
    Cara memulai jadi ghoswriter adalah setiap hari kudu rajin bikin tulisan di blog, ikut komunitas bloger (udah tepat), daftar jadi freelance di sribulancer.com, dan rajin posting di linkedin.com.

    BalasHapus